PANDEGLANG, BantenHeadline.com – Kunjungan Kerja (Kunker) hari kedua Bupati Pandeglang, Irna Narulita ke Kecamatan Munjul, Rabu (7/2) turut menyertakan mobil pelayanan keliling pembuatan dokumen kependudukan.

Sebanyak 3 unit mobil pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) diturunkan untuk mengentaskan persoalan kependudukan warga.

Momentum ini pun tidak disia-siakan warga. Ratusan warga yang ingin mengurus identitas kependudukannya, mulai menyerbu mobil pelayanan sejak pagi. Penumpukan warga pun tidak dapat dihindarkan. Hal ini membuat petugas pelayanan sempat kewalahan.

Mobil pelayanan kependudukan yang dipadati masyarakat itu, membuktikan bahwa pelayanan bagi masyarakat yang ingin mengurus dokumen belum optimal.

Hal itu diakui oleh seorang warga Desa Munjul Kecamatan Munjul, Ratimah yang ikut dalam antrian pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

“Saya sangat bersukur dan terimakasih kepada Pemerintah Pandeglang yang sudah datang langsung melayani pembuatan KTP dan lainnya. Karena kalau kami yang datang langsung ke Pandeglang waktu dan jarak yang cukup jauh,” tuturnya sumringah.

Ia berharap, kegiatan serupa bisa dilakukan secara konsisten guna mempermudah masyarakat yang membutuhkan pelayanan dokumen kependudukan.

“Mudah-mudahan ini bisa terus berlanjut bukan saja diacara kunjungan Ibu Bupati saja, jadi kami minta pelayanan secara langsung ini terus dilakukan,” pintanya.

Sekertaris Disdukcapil Kabupaten Pandeglang, Wawan Sukrawandi pun mengakui jika pelayanan kependudukan belum maksimal. Maka melalui mobil kependudukan keliling ini, sebagai upaya untuk menjemput bola.

“Ini adalah program Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalu Disdukcapil, untuk jemput bola yang akan langsung dilayani di Kecamatan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya tidak menargetkan angka pencetakan. Disdukcapil mempersilakan warga yang belum membuat atau memperpanjang identitas kependudukannya untuk segera mengurus. Adapun jenis dokumen kependudukan yang dilayani, meliputi pembuatan KTP, Akta Kelahiran, dan Kartu Keluarga.

“Kami akan terus melakukan pelayanan keliling ke semua kecamatan. Semua dokumen kependudukan akan kami layani,” tutupnya. (Red-02).