PANDEGLANG, BantenHeadline.com – Menyikapi pengakuan Maesaroh atau Mae, atlit nasional berprestasi kelahiran Kecamatan Patia Pandeglang yang pernah diiming-imingi janji biaya kuliah oleh Pemda Kabupaten Pandeglang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pandeglang, Olis Solihin membantah jika pihaknya bertanggungjawab atas biaya kuliah Maesaroh, atlit Lompat Jangkit yang akan mewakili Indonesia diajang Asian Games 2018 itu.

Olis mengaku pihakanya tidak memiliki kewenangan untuk membiayai kuliah Mae, meski ia merupakan atlet berprestasi. Menurutnya Dindikbud Kabupaten Pandeglang hanya memberi biaya pendidikan hingga jenjang SMP.

“Kan kita mah sampai SMP saja, kalau itu ada di Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) kewenangannya. Di kita tidak anggaran beasiswa untuk itu,” bantah Olis, Rabu (1/8/2018).

Bantahan kewenangan juga dinyatakan Kepala Dispora Pandeglang, Cecep Juanda, yang mengaku bahwa anggaran yang dimiliki hanya untuk pembinaan atlit dari sisi pemuda dan olahraga, bukan untuk pendidikan formal atlit ataupun beasiswa.

Terkait keberangkatan Mae ke Asian Games, Cecep menambahkan, Dispora hanya memberi dukungan moril tanpa materil. Karena menurutnya, biaya pembinaan atlet sudah diserahkan kepada KONI sebagai mitra kerja Dispora.

“Yang jelas di kami belum ada biaya pendidikan. Selama ini yang kami tahu Mae dibiayai oleh PASI Provinsi Banten. Kalau di daerah, saya belum tahu ada di dinas mana,” tutup Cecep.

Maesaroh atlit nasional kelahiran Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang yang akrab disapa Mae itu pernah menyabet Emas dicabang Lompat Jangkit dan Perunggu dicabang Lompat Jauh dalam kejuaraan Pekan Olahraga Mahasiswa (Pomnas) 2017 di Makassar. Mae juga meraih medali Perak dari cabang Lompat Jangkit pada Asian School Game (ASG) di Singapura. Anak keenam dari tujuh bersaudara itu menjadi delegasi Pandeglang mengikuti Kejurnas Atletik Senior di Jakarta pada akhir tahun 2017 lalu.

Mae yang menjadi atlit andalan Kabupaten Pandeglang dan Provinsi Banten dalam cabang Lompat Jangkit dan Lompat Jauh ini akan mewakili Indonesia pada Asian Games 2018. (Red-02).