SERANG, BantenHeadline.com – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Banten menyiapkan uang total Rp1.5 Triliun dalam bentuk pecahan, menyikapi tradisi masyarakat menukarkan uang pecahan baru menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Banten Rahmat Hernowo menuturkan, selain di BI dan Bank Banten, penukaran juga bisa dilakukan di beberapa bank swasta, termasuk melalui mobil kas keliling. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya antrean panjang.

“Penukaran uang menjelang lebaran biasanya memiliki peminat yang cukup banyak. Hari ini kita menyediakan 1000 kupon penukaran, namun bagi masyarakat jangan khawatir kehabisan kupon karena kita buka 4 hari kerja sampai tanggal 5 Juni 2018,” paparnya saat ditemui di loket penukaran uang di Alun-alun Kota Serang, Rabu (30/5.2018).

Rahmat menambahkan, pihaknya membatasi jumlah uang yang ditukar maksimal sebesar Rp 5,5 juta per-orang, dengan pecahan Rp2 ribuan maksimal 400 ribu, pecahan Rp5 ribuan maksimal 1 juta, [ecahan Rp10 ribuan maksimal 2 juta dan pecahan Rp20 ribuan maksimal 1 juta.

BI Banten juga berencana membuka loket penukaran uang di beberapa tempat strategis lain yang kerap didatangi massyarakat.

“Kami juga akan membuka loket lain seperti di sekitar KP3B (Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten – red), kemudian di Pelabuhan Merak dan di Rest Area Tol Tangerang Merak kilometer 23 ke arah merak,” terangnya. (Red-05).