Pulau Peucang dan Panaitan Akan Segera Terjangkau Sinyal

1132
Ilustrasi Sinyal. Foto: Google

PANDEGLANG, BantenHeadline.com – Dua pulau di Selatan Pandeglang, Pulau Peucang dan Panaitan akan segera dijangkau sinyal komunikasi.

Hal ini diketahui setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Aksesibilitas, Telekomunikasi, dan Informasi (Bakti) akan merecovery Base Transceiver Station (BTS) didua pulau tersebut.

Kepala Bidang Telematika pada Dinas Komunikasi, Informasi, Sandi, dan Statistik (Diskomsantik) Pandeglang, Tubagus Nandar Suptandar mengatakan, sebelumnya BTS didua pulau tersebut tidak berfungsi sekian lama. Kemudian Pemkab mengajukan kepada Kemkominfo untuk dipulihkan kembali.

“Sebelumnya tidak aktif. Nah sekarang mau diaktifkan lagi BTS di (pulau) Peucang dan Panaitan. Itu direcovery. Nanti dikerjakan oleh BAKTI,” kata Nandar saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (21/11).

Hanya saja Nandar belum dapat memastikan kapan dua BTS itu akan beroperasi. Karena sejauh ini pihaknya belum mendapat informasi lebih lanjut. “Namun kami belum dapat info lebih lanjut progresnya seperti apa,” imbuhnya.

Selain merecovery BTS didua pulau wisata itu, BAKTI juga dipastikan akan memasang tower komunikasi di Kecamatan Mekarjaya. Sebab sampai saat ini, daerah itu belum merdeka sinyal. Warga masih sulit mendapatkan akses telekomunikasi lantaran tidak ada operator seluler yang memasang pemancarnya di daerah tersebut.

“Pertimbangannya karena sinyal semua operator seluler tidak ada di sana. Karena untuk mendapatkan bantuan BTS, harus ada tiga aspek, tertinggal, terpencil, dan terluar. Dan saat ini sedang diproses” katanya.

Kendati demikian tambah Nandar, realisasi pemasangan BTS di Pandeglang tidak sesuai usulan. Karena sebelumnya, Diskomsantik mengusulkan 6 titik pemasangan BTS baru untuk wilayah Cibitung, Bojong, Mekarjaya, Sindangresmi, Pulosari, dan Cimanggu.

“Namun saat disurvei, beberapa daerah tersebut ternyata sudah ada sinyal komunikasi maka nantinya akan diganti dengan daerah lain yang blank spot,” terang Nandar. (Red-02).