KOTA SERANG, BantenHeadline.com – Sebagai bentuk solidaritas bagi warga Sulawesi Selatan (Sulteng) yang terkena musibah gempa dan tsunami beberpa waktu lalu, wartawan Banten yang tergabung dalam Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Provinsi Banten menyalurkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Sulteng. Bantuan yang terkumpul dari aksi galang dana “Wartawan Banten Peduli Sulteng” tersebut disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) Harapan Dhuafa (Harfa) Provinsi Banten, Selasa (16/10/2018).

Bantuan diserahkan oleh Wakil Bendahara Pokja Rahmat Kurniawan didampingi Bendahara Umum Rifki Suharyadi kepada Direktur LAZ Harfa Banten, di kantor LAZ Harfa Banten, Jalan Ciwaru Raya No. 1 Kompleks Pondok Citra Nomor 1B, Kelurahan Cipare, Kota Serang.

Menurut Rahmat Kurniawan, bantuan yang disalurkan berasal dari penggalangan dana para pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten yang digalang sendiri oleh wartawan yang memiliki wilayah tugas liputan di Pemprov Banten, pada HUT ke-18 Provinsi Banten, 4 Oktober 2018.

“Persiapan kita hanya 24 jam, Alhamdulillah berjalan lancar. Waktu itu kita minta space (tempat) di pintu utama gedung DPRD Banten, dan diizinkan oleh Sekretariat DPRD. Ketika rapat paripurna HUT Banten beres, kita langsung aksi, Alhamdulillah banyak yang respon positif, banyak pejabat yang donasi,” kata Rahmat.

Sementara Bendahara Pokja Wartawan Harian Cetak dan Elektronik Provinsi Banten Rifki Suharyadi mengatakan, hanya dalam waktu setengah jam penggalangan dana terkumpul uang sebanyak Rp6.174.000. Penyumbang dana ini berasal dari Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, anggota DPRD Banten, Bupati Serang Tatu Chasanah, Wakil Bupati Pandeglang Tanto W Arban, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan istri, dan sejumlah pejabat lain yang hadir pada paripurna HUT Banten.

“Kita titip melalui LAZ Harfa dan mudah-mudahan cepat sampai ke sana,” katanya.

Direktur LAZ Harfa Banten, Indah Prihanande mengapresiasi penggalangan dana yang dilakukan wartawan Banten untuk korban di Sulawesi Tengah ini. Menurutnya, hal ini adalah langkah yang luar biasa. “Saya baru nemu ini (wartawan menggalang dana untuk korban bencana – Red),” kata Indah. (Red 05).