Pemkab Serang Luncurkan Layanan Publik Berbasis Online

Penekanan tombol sebagai tanda peluncuran perdana Layanan Berbasis Online.

KABUPATEN SERANG, BantenHeadline.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Bagian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) meluncurkan 24 aplikasi berbasis online untuk memudahkan masyarakat memperoleh pelayanan publik.

Peluncuran aplikasi berbasis online tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah disela acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di lapangan Tenis Indor Pemkab Serang, Selasa (20/03/2018).

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Ketua DPRD Kabupaten Serang Mukhsinin, seluruh Camat dan Kepala Desa Kabupaten Serang serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam sambutan Tatu menjelaskan, bahwa terhitung sejak program diliuncurkan, seluruh layanan online di Pemkab Serang yang bersifat responsif dan transparan tersebut sudah mulai difungsikan

“Terutama perizinan, sekaligus juga untuk memudahkan investor yang akan masuk ke Kabupaten Serang,” ungkapnya.

Selain pelayanan online, Pemkab Serang juga meluncurkan aplikasi layanan pengaduan infrastruktur secara langsung kepada Dinas terkait.

”Masyarkat juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk melaporkan jika ada jalan rusak di wilayahnya. Tinggal detilkan berapa kilo, dan akan ditindak lanjuti oleh Dinas Pekerjaan Umum,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kominfo Kabupaten Serang Anas Dwi Satya memaparkan, bahwa aplikasi yang diluncurkan terdiri dari dua bagian. Yakni aplikasi eksternal, yang dapat difungsikan oleh masyarakat untuk berkordinasi dengan Pemkab dan aplikasi internal digunakan sebagai meningkatkan kinerja pegawai Pemkab Serang.

“Aplikasi yang kita sebar kepada masyarakat bernama Serang Gawe dan untuk yang internal adalah Serang Kerja,” katanya.

Anas menambahkan, dengan adanya aplikasi pelayanan berbasis online, masyarakat dapat dengan mudah mendapat pelayanan publik tanpa harus mendatangi kantor OPD yang bersangkutan.

”Misalnya ketika masyarakat akan melakukan pengajuan bantuan sosial, pengguna bisa memantau secara langsung di aplikasi tersebut,” tegasnya. (Red-05).