PANDEGLANG, BantenHeadline.com – Puluhan sopir angkutan umum mengikuti tes urine yang digelar oleh petugas gabungan dari unsur Kepolisian Polres Pandeglang dan Dinas Perhubungan (Dishub) Pandeglang di Terminal Kadubanen, Sabtu (9/6).

Tidak hanya dites, setiap sudut armada bus juga digeledah oleh petugas untuk memastikan tidak ada barang haram narkoba yang tersimpan di angkutan.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk mengecek kesiapan Operasi Ketuapat 2018, semua pengemudi angkutan umum kami cek juga kesehatannya dan tes urine. Hal ini kami lakukan untuk menjaga keselamatan semuanya,” ungkap Kapolres Pandeglang AKBP, Indra Lutrianto Amstono, di sela kegiatan.

Menurut Kapolres, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang kerap digelar hingga mendekati Hari Raya Idul Fitri. Pihaknya pun bertekad untuk terus memantau arus mudik lebaran agar berjalan lancar.

“Tujuannya agar para sopir angkutan umum saat mengemudikan mobil dalam keadaan sadar, tidak terpengaruh narkoba atau minuman keras, intinya unutuk keselamatan pemudik. Tetapi hasilnya negatif semua, tidak ada sopir atau kernet yang menggunakan narkoba,” katanya.

Sementara itu, Kabid Angkutan Dishub Pandeglang, Entong Haromaen menambahkan, dalam kegiatan ini Dishub Pandeglang juga melakukan pemeriksaan tarif angkutan umum agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kenaikan enggak ada, masih pakai tarif yang lama. Hal-hal yang wajar sajalah jangan terlalu berlebihan,” tutup Entong singkat. (Red-02).