Masyarakat Berperan Penting dalam Keberhasilan Pembangunan Pandeglang

Pimpinan DPRD beserta Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang saat Mengikuti Sidang Paripurna Istimewa HUT Pandeglang Ke-144

PANDEGLANG, BantenHeadline.com – Kabupaten Pandeglang telah memasuki usia ke 144 tahun. Berbagai keberhasilan dari pembangunan telah dilakukan oleh pemerintah, baik eksekutif, legislatif, maupun yudikatif. Bukan hanya keberhasilan pembangunan infrastruktur, dalam kurun waktu satu tahun terakhir, Pemerintah Daerah juga mampu menciptakan keberhasilan dalam pembangunan tata kelola pemerintahan.

Salah satunya, pencapaian Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan yang diganjar predikat B oleh Kemenpan RB. Padahal sebelumnya, Pemkab Pandeglang diberi penilaian CC.

Ketua DPRD Kabupaten Pandeglang, Gunawan mengatakan, keberhasilan itu bukan hanya dari unsur pemerintah, namun lebih dari itu, masyarakat memegang peranan penting dalam setiap keberhasilan yang diraih pemerintah.

 

 

“Ini juga menjadi keberhasilan masyarakat dalam memberi amanah pada kami. Amanah itu akan kami laksanakan dgn penuh dedikasi dan tanggung jawab. Sebagaimana masyarakat memberi kepercayaan itu dengan tulus kepada kami,” ujar Gunawan saat Sidang Paripurna Istimewa HUT Pandeglang Ke-144, di Gedung DPRD Pandeglang, Minggu (1/4).

Dirinya mengakui, masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan pemerintah. Namun dengan munculnya berbagai prestasi iti, setidaknya menjadi indikator keberhasilan atas upaya pembangunan yang dilaksanakan bersama stekholder.

“Masih banyak tantangan dan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Namun banyak juga prestasi yang diraih. Akan tetapi itu bukan tujuan akhir, tetapi setidaknya dapat menjadi indikator keberhasilan atas upaya pembangunan yang dilaksanakan bersama stekholder,” sambungnya.

 

 

Oleh karenanya, politis Golkar itu mengajak semua elemen masyarakat untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat menjaga dan memelihara yang sudah dicapai. Sekaligus dengan kebersamaan, masyarakat diminta menyatukan tekad untuk terus memajukan pembangunan di Pandeglang.

“Mari kita bekerja dan berkarya bersama untuk satu tujuan, bahu membahu dalam semua bidang untuk membangun masyarakat pandeglang yang maju, mandiri, tertata dalam situasi apapun, damai, dan sejahtera,” serunya.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyampaikan, dalam beberapa tahun terakhir, Pandeglang mampu menunjukkan sejumlah peningkatan yang signifikan dalam sejumlah sektor. Salah satunya, tingkat pengangguran yang berkurang 1.92% dari angka 10.22% ditahun 2015.

“Kontribusi PDRB pertanian Pandeglang juga kini menyentuh diangka 33.94 persen atau Rp7.2 triliun dari total PDRB Pandeglang. Bahkan capaian padi nasional, Pandeglang kontributor tertinggi di Banten dan ditetapkan lumbung pangan Banten dan nasional,” sebut Irna.

 

 

Disatu sisi, bupati menyadari bahwa tugas pemerintah semakin berat tantangannya.  Karena pemerintah kini menghadapi zaman yang cepat berubah, berada dalam lingkup masyarakat lebih luas, meliputi warga global dan generasi digital.

“Tuntutan publik semakin tinggi, terbuka, dan spontan, diperlukan sikap yang tepat dan tegas dalam merespon tuntutan masyarakat terhadap pemerintah,” tegasnya.

Sidang Paripurna Istimewa itu berlangsung dengan khidmat dan dihadiri dari berbagai tamu undangan. Sejumlah Bupati Pandeglang dari berbagai periode juga turut menghadiri proses yang monumental itu, seperti Bupati Pandeglang periode 1990-1995, Mohammad Zein, Bupati Pandeglang 2 periode, Achmad Dimyati Natakusumah, dan Erwan Kurtubi yang merupakan Bupati Pandeglang periode 2010-2015. (ADV)