KABUPATEN SERANG, BantenHeadline.com – Terhitung Senin (14/1/2019) hingga Jumat (17/1/2019) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang membuka pendaftaran bagi warga masyarakat yang ingin menjadi anggota Relawan Demokrasi untuk pelaksanaan Pemilu 2019. Relawan Demokrasi bertugas membantu KPU melakukan sosialisasi khusus di wilayah masing-masing domisili relawan.

Namun hingga Selasa (15/1/2019) baru ada 10 orang calon anggota relawan yang mendaftar, dari total 55 orang tenaga relawan yang dibutuhkan KPU.

Namun komisioner KPU Kabupaten Serang Divisi Sosialisasi Farmas dan SDM, Siti Maryam mengaku tidak optimis jumlah pendaftar akan memenuhi kebutuhan. Ia memprediksi para pendaftar akan berdatangan serentak pada hari terakhir masa pendaftaran.

“Memang sementara baru 10 orang ini yang resmi mendaftar dan memenuhi persyaratan. Tapi tidak sedikit calon pendaftar lain yang sudah menanyakan persyaratan dan biasanya akan mendaftar pada hari penutupan. Kami yakin yang mendaftar akan banyak,” kata Maryam di ruang kerjanya.

Selain persyaratan umum seperti batas usia antara 17 hingga 25 tahun, ada juga persyarataan khusus. Yaitu mereka yang mengenal baik komunitas Disabilitas serta familiar dalam penggunaan internet atau warga net dengan jumlah followers tertentu.

Relawan Demokrasi merupakan program KPU RI yang diterapkan di seluruh KPU di daerah bertujuan untuk mendongkrak angka Partisipasi Pemilih.

“KPU RI menargetkan 77,5 persen untuk partisipasi masyarakat. Sedangkan KPU Kabupaten Serang dengan Provinsi Banten menargetkan 80 persen partisipasi masyarakat,” ujarnya.

Rencananya Relawan Demokrasi akan turunkan ke masyarakat mulai 20 Januari 2019 hingga menjelang hari pemungutan suara 17 April 2019. (Red-03).