Irna Pastikan Hewan Kurban di Pandeglang Bebas Penyakit

Bupati Pandeglang, Irna Narulita Meninjau Sebuah Lapak Hewan Kurban (Foto: Humas Pandeglang)

PANDEGLANG, BantenHeadline.com – Bupati Pandeglang, Irna Narulita melakukan Isnpeksi Mendadak kesejumlah pedagang hewan kurban dan peternakan, Selasa (21/8).

Salah satu lokasi yang didatangi bupati, yakni peternakan hewan di kawasan CAS Waterpark Cikole, Kecamatan Majasari.

Saat safari kesejumlah pelapak hewan kurban, Irna mengatakan bahwa hal itu dilakukan dalam rangka kesiapan menyambut hari raya kurban. Dirinya ingin memastikan jika hewan-hewan ternak yang akan dijadikan kurban, bebas dari segalan penyakit.

“Ibu (Irna menyebut dirinya-red) mau memastikan hewan-hewan ternak baik sapi, kerbau dan domba yang berada di Kabupaten Pandeglang aman untuk di kurban dan di konsumsi serta terbebas dari berbagai pengakit menjelang perayaan hari raya Idul Adha,” katanya.

Dari hasil sidak tersebut, Irna menyatakan, secara umum, hewan ternak yang akan dijadikan kurban cukup sehat, aman dikonsumsi dan siap untuk kurban.

“Tapi saya mengingatkan kepada para pedagang hewan kurban terkait kriteria hewan ternak yang bisa dijadikan untuk kurban,” pesannya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Budi Januardi mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pertanian Provinsi Banten dan instansi terkait membentuk tim gabungan yang bertugas untuk melakukan pemantauan dan memeriksa kesehatan hewan kurban.

“Ada kurang lebih 90 lokasi yang sudah kami tinjau, dengan jumlah populasi hewan ternak berupa sapi 285 ekor, kerbau 120 ekor dan domba 1.977 ekor, memang di temukan ada beberapa hewan ternak yang terjangkit penyakit, tapi tidak membahayakan seperti sakit mata dan luka mulut, hal terebut langsung ditangani oleh para petugas kesehatan,” tuturnya. (Red-02).