PANDEGLANG, BantenHeadline.com – Bupati Pandeglang, Irna Narulita, beserta ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) menggelar salat gaib berjamaah. Salat gaib dipusatkan di Masjid Agung Ar-Rahman Pandeglang yang diimami K.H Tabriji, Rabu (3/10).

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, ibadah salat gaib dilakukan sebagai bentuk belasunhkawa terhadap para korban gempa di Palu dan Donggala. Salat gaib juga digelar untuk mendoakan korban yang telah meninggal dunia maupun yang selamat.

“Mudah-mudahan pemerintah terus melakukan pembenahan, evakuasi, dan pembangunan prioritas selanjutnya ke sana,” kata Irna usai mengikuti salat gaib.

Selain membantu lewat doa ungkap Irna, ia juga telah memerintahkan Sekda Pandeglang agar melakukan penggalangan dana kepada semua pegawai di lingkungan Pemkab Pandeglang. Hal itu dilakukan kata dia, semata-mata untuk membantu meringankan penderitaan korban bencana gempa dan tsunami di wilayah Sulteng.

“Kami ingin ikut membantu, selain dengan doa apa yang bisa bantu? Maka saya sudah arahkan Sekda untuk menggalang donasi dari ASN. Pasukan kami ada 12 ribu. Mulai dari Rp10 ribu hingga Rp50 ribu, silakan. Jika minimal Rp10 ribu saja bisa terkumpul Rp120 juta. Ini untuk meringankan beban saudara kita,” jelasnya.

“Kita terus berdoa agar kita terhindar dari musibah. Mudah-mudahan Allah tidak menurunkan angkara murkanya kepada kita, sambil kita menjaga bumi yang dititipkan,” sambung bupati wanita pertama di Pandeglang itu.

Sekda Pandeglang, Ferry Hasanudin mengaku siap menjalankan imbauan bupati untuk menggalang dana dari para ASN. Karena kata dia, hal itu sudah menjadi kewajiban semua pihak untuk peduli terhadap sesama.

Apalagi hal yang sama sudah dilakukan ketika gemoa mengguncang Lombok beberapa waktu lalu. Hasil donasi para ASN, dapat terkumpul sebesar Rp196 juta.

“Waktu Lombok kami tidak maksimal hanya memiliki waktu satu Minggu, dan menghasilkan penggalangan mencapi sekitar Rp196 juta. Mudah-mudahan pada penggalangan kali ini untuk Palu dan Donggala, kami bisa maksimal melakukan penggalangan dananya,” katanya. (Red-02).