PANDEGLANG, BantenHeadline.com – Pembukaan formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) bagi Kabupaten Pandeglang tidak hanya berdampak pada bertambahnya jumlah pegawai. Namun dipastikan, hal itu berpengaruh terhadap jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk membayar honor ASN pada tahun mendatang.

Berkaitan dengan hal itu, Pemerintah Kabupaten Pandeglang mengingatkan Kementerian Keuangan untuk menambah Dana Alokasi Umum (DAU) pada tahun mendatang.

Kepala Bidang Anggaran pada Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Pandeglang, Sunarto menyebutkan, berdasarkan perhitungan yang dilakukan sementara, setidaknya Pandeglang membutuhkan penambahan DAU sekitar Rp20 hingga Rp30 miliar.

“Jumlah penambahan itu untuk memberi honor bagi 427 formasi CASN yang dialokasikan oleh pemerintah pusat. Dengan perhitungan, ketika lolos seleksi, mereka termasuk ASN golongan III dengan asumsi penghasilan per bulan sekitar Rp3 juta rupiah,” beber Sunarto saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (26/10/2018).

Kemudian ujarnya, ditambah berbagai tunjangan seperti tunjangan keluarga, tunjangan beras, isteri, dan tunjangan anak. Belum lagi adanya penambahan gaji pokok bagi ASN sebesar 5 persen ditahun depan.

“Sehingga apabila dikalkulasikan, kebutuhan DAU Pandeglang tahun 2019 mencapai Rp1.40 triliun. Sementara tahun 2018, penyertaan DAU bagi Pandeglang hanya sebesar Rp1.17 triliun,” sebutnya.

Meski demikian lanjut Sunarto, pihaknya tidak mengajukan penambahan itu secara khusus berupa surat. Pemkab hanya mengingatkan Kemenkeu saja dan masih menjalin koordinasi.

“Kami masih berkoordinasi dengan Kemenkeu. Tetapi seharusnya penambahan ini menjadi perhatian kementerian. Karena penerimaan CASN tahun ini kan isu nasional.yang berlaku diseluruh daerah,” jelasnya. (Red-02).