TANGERANG, BantenHeadline.com – Marching band kebanggaan Provinsi Banten yakni Gita Surosowan Banten Drum & Bugle Corps, akhirnya berhasil menyabet sejumlah medali pada beberapa mata lomba dalam kejuaraan BJB Indonesia Drum Corps Competition (IDCC) 2018, pada 16 – 17 November 2018 di gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan.

Dalam kompetisi marching band tahunan dengan juri internasional asal Amerika Serikat tersebut Gita Surosowan meraih juara pertama pada jenis mata lomba Drumbatle, kemudian juara tiga untuk mata lomba World Clas Sound Sport dan juara tiga pada mata lomba Street Parade. Prestasi ini dinilai cukup membanggakan mengingat Gita Surosowan harus bersaing dengan 28 tim marching band dari berbagai daerah di Indonesia.

“Sound Sport ketiga, Street Parade ketiga, Drumbatle Alhamdulilah pertama,” ujar koordinator Gita Surosowan Banten Drum & Bugle Corps, Tb Kumaru Nurzaman, Sabtu (17/11/2018).

TB Kamaru mengungkapkan kebanggannya kepada seluruh anggota Gita Surosowan, karena untuk dapat mengikuti pertandingan tersebut Gita Surosowan harus ‘mengamen’ di acara- acara komersil.

“Bukti tidak ada satu pun yang dapat menghalangi semangat anak anak untuk meraih prestasi, ada atau tidak ada dukungan dari pemerintah. Dengan tidak ada anggaran pembinaan dan untuk mengikuti kejuaraan, anggrannya dapat dari ngamen kegiatan yang komersil, seperti acara di beberapa televisi swasta kemarin. Hasil dari situ kita jadikan modal untuk ikut tanding,” akunya.

TB Kamaru juga mengucapkan terimakasih banyak kepada para pelatih Gita Surosowan yang telah bekerja keras melatih meski tanpa honor.

“Luar biasanya pelatih ini yang sebagian besar alumni mereka tanpa honor pun masih mau melatih, sampai kita berhasil meraih juara,” katanya lagi.

Untuk diketahui, Gita Surosowan merupakan marching band dibawah binaan provinsi Banten yang telah terbentuk sejak tahun 2005. Dan telah meraih sejumlah prestasi ditingkat nasional ataupun internasional. (Red-05).