KABUPATEN SERANG, BantenHeadline.com Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, PT ASTRA Tol Tangerang-Merak (Tamer) menggelar seminar kesehatan Open Health Talk di Kantor Operasional Ciujung, Kamis (22/11/2018). Peringatan HKN kali ini menghadirkan perwakilan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten AKBP Abdul Majid dan Aktivis HIV/AIDS Hages Budiman.

Melalui seminar yang diikuti oleh lebih dari 100 karyawan Tol Tamer tersebut diharapkan menjadi media komunikasi dan sarana sosialisasi tindakan preventif dalam meningkatkan kesadaran dan menjaga kesehatan karyawan Tol Tangerang-Merak.

ASTRA Tol Tamer melalui Departemen Environment and Social Responsibility (ESR) berupaya menjalankan program kesehatan tentang pentingnya kesehatan karyawan sebagai aset utama dalam meningkatkan produktivitas kerja perusahaan.

Program kesehatan tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2014, baik yang bersifat promotif maupun kontributif dan juga aktif secara langsung mengajak para karyawan untuk peduli terhadap kesehatan melalui program Pola Hidup Sehat (PHS), pemeriksaan kesehatan lingkungan kerja oleh dokter klinik PT Marga Mandalasakti, serta informasi dan himbauan kesehatan mingguan yang disebarkan ke setiap unit kerja.

Hasilnya, dengan program PHS tersebut mampu menurunkan 18% angka kunjungan pasien klinik di tahun 2018 dengan jumlah data pengunjung di tahun 2017 sebanyak 794 pengunjung menjadi 654 pengunjung di tahun 2018.

“Tindakan preventif dan promotif yang kami lakukan merupakan upaya untuk tetap mengingatkan Insan ASTRA Tol Tangerang-Merak mengenai pentingnya pola hidup sehat. Tindakan preventif yang kami lakukan tidak hanya sebatas medical check up setiap tahun saja, melalui pola hidup sehat melalui penurunan berat badan serta roadshow dokter yang rutin dilakukan dua bulan sekali membuahkan hasil dengan meningkatnya angka kesehatan karyawan Tol Tangerang-Merak. Sedangkan tindakan promotif diwujudkan dalam pemberian saran-saran kesehatan,” ungkap Direktur Teknik & Operasi PT Marga Mandalsakti, Sunarto Sastrowiyoto.

Sebelum acara seminar para karyawan dan manajemen juga melakukan senam kebugaran jasmani.

“Kami juga mengajak karyawan untuk melakukan senam olah tubuh bersama di awal acara agar senantiasa bugar. Pada kegiatan ini juga diselenggarakan lomba bekal sehat dengan kriteria bekal makan kaya akan nutrisi gizi, bebas dari bahan pengawet, sederhana, ringkas dan hemat,” kata Sunarto. (Red-05).