CILEGON, BantenHeadline.com – Keluarga Besar Pendekar Cilegon yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Cilegon dan Himpunan Peguron Persilatan Banten (HPPB) berencana menyelenggarakan kegiatan ‘Golok Day Festival 2019’.

Golok Day merupakan sebuah kegiatan yang mengangkat kearifan budaya Lokal maupun Nasional dengan kemasan spesial yang bertujuan untuk memperkenalkan kepada Dunia bahwa keragaman budaya Nusantara, merupakan salah satu harta tak ternilai yang harus dijaga dan dilestarikan.

Diungkapkan Ketua Pelaksana Golok Day Festival 2019 Bambang Andrianto, Golok Day tahun ini merupakan pelaksanaan yang ke 4 (empat) dengan mengusung tema ‘Pendekar Nusantara Bersatu’, yang rencananya akan diselenggarakan selama 2 (dua) hari yaitu Jum’at, 3 Mei hingga Sabtu 4 Mei 2019, bertempat di jalan utama landmark Kota Cilegon.

Golok Day 2019, lanjut Bambang, selain menjadi tempat berkumpul para Pendekar Cilegon dan Banten, juga akan menjadi ajang silaturahmi Pendekar/Pesilat Nusantara bahkan Dunia.

“Rangkaian kegiatan Golok Day Festival 2019 diantaranya, Silaturahmi Pendekar/Pesilat Nusantara, Kirab Pendekar Nusantara, Golok Day Award, Festival Pencak Silat, Seminar Budaya Nasional, Pentas Pencak Silat, Golok World Competition, Atraksi Pembuatan Golok, Sehat Ala Pendekar,” jelas Bambang, Rabu (15/1/2019) saat melaksanakan kunjungan silaturahmi bersama para pendekar di ruangan Walikota Cilegon Edi Ariadi.

Sementara itu, Muharman Kotto, Ketua IPSI Kota Cilegon menyampaikan, bahwa Golok Day 2019 akan lebih semarak dan meriah dari Golok Day tahun sebelumnya.

“Golok Day 2019 akan menjadi moment silaturahmi dan bersatu kembali pendekar nusantara setelah sebelumnya berbeda pilihan. itulah alasan tema Pendekar Nusantara Bersatu,” singkatnya.

Ditempat yang sama, Jamhari Sakti, Ketua HPPB Kota Cilegon menambahkan, Golok Day telah menjadi perhatian pendekar Nusantara dan Dunia dan menjadi inspirasi para pelaku/praktisi budaya untuk menyelenggarakan kegiatan sejenis didaerahnya. Ia berharap adanya dukungan penuh dari Pemerintah Kota cilegon dalam kegiatan tersebut.

“Terlebih, Golok Day telah mengharumkan citra Kota Cilegon dimata pendekar Nusantara dan Dunia,” ungkapnya.

Walikota Cilegon Edi Ariadi menyambut baik dan mendukung kegiatan Golok Day 2019. Terlebih kegiatan Golok Day jelas mengangkat kearifan lokal orisinil Kota Cilegon. Menurutnya pendekar Cilegon memiliki peran besar dalam menjaga kondusifitas dan sejarah pembentukan Kota Cilegon.

“Saya mengapreasi keluarga besar pendekar Cilegon yang konsisten menjaga dan melestarikan kearifan lokal budaya Cilegon,” kata Edi Ariadi.

Di akhir silaturahmi, Bambang Adrianto, Ketua pelaksana Golok Day menambahkan, Golok Day lahir dari ide dan inisiatif keluarga besar pendekar Cilegon baik secara konsep maupun swadaya pembiayaan.

Panitia telah menunjuk Dwipa Production sebagai Event Organizer asli Cilegon, yang juga telah ikut mengawal dan mensukseskan kegiatan ini sejak awal sebagai pelaksana Golok Day 2019. (Red-03).