KABUPATEN SERANG, BantenHeadline.com – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menegaskan, salah satu nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang menjadi perhatian Pemkab Serang adalah indeks kesehatan yang menggambarkan semakin baik derajat kesehatan masyarakat maka harapan untuk hidup lebih lama akan semakin besar. Karenanya untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat harus selalu dibiasakan sejak diini di rumah dan sekolah.

“Untuk meningkatkan derajat kesehatan dibutuhkan beragam pengupayaan, peningkatan pelayanan kesehatan, kesehatan lingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat,” katanya.

Karenanya Pemkab Serang mengapresiasi program CSR dari PT. Cargill Indonesia dan Care Internasional yang telah membangun sarana air bersih dan sanitasi pada sejumlah sekolah di Kabupaten Serang.

”Rencananya pembangunan sanitasi sekolah dengan jumlah yang sama dan target lokasi yang berbeda akan dilakukan pada tahun 2019,” ujar Tatu saat launching sarana air bersih dan sanitasi di SD Negeri 3 Warakas, Kecamatan Binuang, Rabu (01/08/2018).

Sementara itu, Direktur PT. Cargil, Arif Susanto menuturkan, program Promoting a Sustainable and Food Secure World (prosper) adalah program kerjasama antara PT. Cargill dan Care International Indonesia yang telah di laksanakan di Kabupaten Serang. Program tersebut bertujuan, menurunkan angka diare dan penyakit menular bagi siswa sekolah dasar, guru, orang tua dan masyarakat.

“Melalui program prosper ini, telah dibangun sarana sanitasi dan sarana air bersih di 10 Sekolah Dasar yang tersebar di kecamatan Binuang, Cikande dan Kibin,” tuturnya.

Ia melanjutkan, pembangunan sarana sanitasi dan air bersih di 10 sekolah tersebut disertai dengan peningkatan kapasitas guru dan murid terkait kesehatan, hygiene dan nutrisi.

”Untuk 8 sarana sudah bisa dimanfaatkan dan 2 sarana masih dalam proses pembangunan dan sebagai komitmen untuk peningkatan akses air bersih, pengetahuan dan gaya hidup sehat di Sekolah,” (Red-05).