Banten Baru Sanggup Jadi Tuan Rumah HPN 2020

Wakil Gubenur Banten Andika Hazrumy berfoto bersama peserta HPN 2018. (Foto: Sub. Bagian Peliputan dan Dokumentasi Biro Administrasi Rumah Tangga Pimpinan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Banten)

PADANG, BantenHeadline.com –  Keinginan Pemerintah Provinsi Banten untuk menjadikan Banten sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) di tahun mendatang semakin menguat. Karenanya pemerintah daerah mencoba untuk melengkapi sarana dan prasarana guna mendukung pelaksanaan hari besar bagi insan media di Indonesia tersebut.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy ditemui saat menghadiri undangan HPN 2018 di Kota Padang, Jum’at (9/2/2018) menyampaikan, Pemprov Banten sangat menyambut baik pelaksanaan HPN mendatang di Banten.

Namun demikian Andika menilai, menjadi tuan rumah acara besar tahunan para awak media tersebut tidak mungkin dilaksanakan di Banten pada tahun 2019. Menurutnya tahun 2019 merupakan tahun politik yang akan disibukkan dengan kegiatan politik. Sehingga Pemprov Banten dimungkinkan baru bisa mengajukan diri menjadi tuan rumah pelaksanaan HPN pada tahun 2020.

“Untuk tahun 2019 kita fokus pemilihan dulu, semoga tahun 2020 Banten bisa jadi tuan rumah Hari Pers Nasional,”ujar Wakil Gubernur.

Oleh sebab itu, lanjut Wagub, pihaknya terus berkoordinasi dengan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) provinsi Banten untuk mewujudkan keinginan itu. Pemprov Banten juga harus mendapat dukungan dari Kabupaten dan Kota yang siap menjadi tuan rumah hajatan tahunan itu. Termasuk koordinasi matang dengan berbagai pihak lainnya di Banten.

Keinginan Wakil Gubernur Andika itu sebelumnya juga dinyatakan oleh Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) saat mepelas pengurus PWI Banten sebelum berangkat ke Padang.

“Pemerintah Provinsi Banten akan menganggarkan dalam APBD jika memang tidak menyalahi aturan. Masalahnya menyalahi aturan atau melanggar tidak?,” ujar Wahidin Halim di rumah dinasnya jalan Ahmad Yani, Kota Serang, Kamis malam (8/2/2018).

Puncak acara HPN 2018 yang digelar di Padang, Sumatera Barat dihadiri Presiden Joko Widodo, sejumlah Menteri Kabinet kerja, Kepala Daerah dari berbagai Provinsi dan ribuan insan pers dari seluruh Indonesia. (Rls-05).