PANDEGLANG, BantenHeadline.com – Angka kunjungan wisatawan ke Provinsi Banten selama musim libur lebaran tahun 2018 meningkat signifikan.

Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Banten mencatat, total wisatawan yang berkunjung ke sekitar 80 destinasi diempat kabupaten kota di Banten, mencapai 999.277 wisatawan. Sedangkan tahun sebelumnya, hanya sekitar 614.146 wisatawan.

Data itu, dihimpun oleh sekitar 160 personel Balawista Banten wisata yang tersebar di Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Pandeglang, dan Lebak sejak tanggal 16-24 Juni 2018.

“Kunjungan paling tinggi masih didominasi oleh wisatawan ke Pantai Anyer dan Carita. Tahun ini total kunjungan wisata ke Anyer, mencapai 347.140 wisatawan. Padahal tahun lalu hanya 188.150 wisatawan. Begitu juga dengan Carita, yang dikunjungi 364.624 wisatawan. Tahun 2017 cuma 235.350 wisatawan,” sebut Ketua Balawista Banten, Ade Ervin, Senin (25/6).

Menurut Ade, naiknya angka kunjungan ini membuktikan bahwa wisatawan semakin percaya terhadap kondisi destinasi Banten. Ditunjang pula oleh faktor cuaca disejumlah wilayah yang cenderung berawan.

“Yang pasti karena tingkat kepercayaan meningkat. Sebagian memang karena itu (cuaca, red). Termasuk peran positif media pun sangat mendukung,” imbuhnya.

Dirinya menyebut, angka kunjungan wisatawan bisa saja lebih dari pendataan Balawista. Soalnya, Balawista hanya mencatat wisatawan yang melakukan sekali kunjungan. Jika diakumulasi dengan hunian hotel, maka jumlahnya akan lebih besar.

“Kami perkirakan jumlahnya lebih banyak dari yang kami data. Karena kami hanya menghitung wisatawan yang one day trip. Artinya, kunjungan wisatawan yang menginap di hotel tidak masuk hitungan Balawista,” tandasnya. (Red-02).