Golok Ciomas Raksasa di Banten Expo 2017, Akan Jadi Perhatian Pengunjung

Golok Ciomas Raksasa di Banten Expo 2017, Akan Jadi Perhatian Pengunjung
Golok Ciomas Raksasa, saat dipajang di halaman Kantor Bupati Serang. (foto: Umah Badak)

SERANG, BantenHeadline.com – Acara Banten Expo 2017 nampaknya akan semakin berwarna dengan berbagai pertunjukan yang akan ditampilkan dalam even tahunan Pemerintah Provinsi Banten tersebut.

Salah satunya yang diprediksi akan menyita perhatian khusus pengunjung adalah dipamerkannya Golok Ciomas Raksasa, sebagain salah satu benda budaya kebanggan masyarakat Banten.

“Sejak dibuka, Kamis 16 November hingga acara ditutup, Sabtu 18 November nanti, Golok Ciomas Raksasa ini akan terus dipajang. Sebelumnya acara juga akan dibuka secara simbolis dengan membunyikan 1000 kolotok Baduy sajian seni budaya Banten lainnya seperti Lantayan atau hiasan pare atau hiasan padi,” papar Deden Sunandar ketua panitia penyelenggara Banten Expo 2017 beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, Golok Ciomas mendapatkan penghargaan rekor MURI sebagai golok terpanjang di Indonesia yang dinamakan Golok Salam Nunggal dengan panjang 7 meter, lebar 40 centimeter dan berat 2 ton. Golok ini merupakan golok terbesar di dunia.

“Rangkaian kegiatannya sendiri sudah kita konsep, dan yang pasti akan kami kemas semaksimal mungkin agar acara ini menarik bagi para pengunjung,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten, Babar Suharso.

Sementara itu, pemrakarsa pembuat Golok Ciomas Raksasa, Muhaimin Soleh menilai, Banten Expo juga sebagai momen untuk memperkenalkan salah satu warisan Budaya Banten kepada generasi milenial saat ini agar tidak lupa dan tergerus oleh arus moderenisasi.

“Saya merasa bangga. Selain itu jika tidak diperkenalkan Golok Ciomas sebagai kekayaan budaya banten bisa saja tenggelam, apalagi masyarakat Banten masih ada yang belum tahu mengenai sejarah, warisan budaya, juga nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Banten,” pungkasnya. (Red – 05).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.