banner 728x90

Kerabat Kesultanan Pakualam Mataram Bentuk Pengurus di Wilayah Banten

Kerabat Kesultanan Pakualam Mataram Bentuk Pengurus di Wilayah Banten
Ketua Himpunan Kerabat dan Kawulo Pakualam (HKPA) Notokusumo, wilayah Banten, Aan Nurhandiyat (menerima piagam-kanan) diberi gelar 'Kangjeng Raden Tumenggung (KRT) Nitiadiningrat', Sabtu (30/7) malam.

SERANG, BantenHeadline.com – Dalam catatan sejarah nusantara, keberadaan sejumlah Kesultanan khususnya di tanah Jawa, memiliki saling keterkaitan bahkan tidak menutup kemungkinan memiliki ikatan keturunan. Sebagai kerabat dari keturunan Kesultanan Pakualaman, tak salah bila kemudian ingin mempererat tali silaturahmi dengan para kerabat di wilayah lain, termasuk di wilayah Banten.

Pernyataan tersebut dipaparkan Ketua Himpunan Kerabat dan Kawulo Pakualam (HKPA) Notokusumo Pusat, Kangjeng Pangeran Haryo (KPH) Wiroyudho, usai melantik pengurus HKPA Notokusumo wilayah Banten, di Kota Serang, Sabtu (30/7) malam.

“Pakualaman hanya sebagai katalisator dan pionir agar dapat diikuti oleh kerajaaan lain di Indonesia. Hal ini juga sudah dilakukan juga oleh kesultanan Banten,” jelas KPH Wiroyudho kepada BantenHeadline.com usai pelantikan.

Sementara kepemimpinan pengurus HKPA Notokusumo wilayah Banten dipercayakan kepada salah seorang tokoh muda Banten, Aan Nurhandiyat, yang juga keturunan Ki Arya Bahudita Negara atau lebih dikenal dengan sapaan Ki Arya Bajo, salah satu panglima perang Sultan Banten yang berketurunan Raja Mataram.

Dalam pelantikan tersebut, atas nama Paku Alam IX al Haj, Kangjeng Gusti Pangeran Adipati Aria, Ketua HKPA Notokusumo Pusat, KPH Wiroyudho, secara resmi memberi gelar Kangjeng Raden Tumenggung (KRT) Nitiadiningrat, kepada Aan Nurhandiyat.

“Tugas kita adalah menjaga dan memelihara kekayaan kebudayaan. Dan bukan tidak mungkin bahwa cara ini dapat menjalin persatuan sesama anak bangsa dan menjaga keutuhan NKRI,” terangnya.

Aan mengakui dirinya dipilih untuk meminpin HKPA Notokusumo wilayah Banten, karena memang adalah keturunan dari Ki Arya Bahudita Negara (Ki Arya Bajo), salah satu panglima perang Sultan Banten yang berasal dari keturunan Raja Mataram, yang saat itu bertugas di wilayah Selatan Banten khususnya di wilayah Ciomas (Kabupaten Serang).

“Saya memang dari Ciomas dari Trah Mataram. Kebetulan leluhur saya adalah panglima perang kesultan Banten yang diangkat menantu oleh Sultan Banten.” tegasnya. (Red – 05).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.