banner 728x90

10 Desa di Pandeglang Berstatus Siaga Kekeringan

10 Desa di Pandeglang Berstatus Siaga Kekeringan
Warga mengatri suplay air bersih kiriman BPBD Pandeglang.

KABUPATEN PANDELANG, BantenHeadline.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang menyebut sejumlah daerah mulai dilanda kekeringan. Hal itu diperoleh berdasarkan pemetaan yang dilakukan para Camat se-Kabupaten Pandeglang. Kekeringan disebabkan oleh hujan yang tidak turun dibeberapa daerah dalam 1 bulan terakhir.

Kepala Seksi Damkar, Kedaruratan, dan Logistik BPBD Pandeglang Endan Permana mengatakan, 5 kecamatan di Pandeglang sudah dilanda kekeringan.

“Bahkan, seluruh desa Kecamatan Patia yang berjumlah 10 desa, telah dinyatakan sebagai siaga kekeringan, ujar Endan kepada wartawan Kamis (26/7/2018).

Endan menambahkan, sedikitnya 4 kecamatan lain yang mengalami hal serupa, yakni Kecamatan Picung yang melanda 2 desa, Munjul 2 desa, Sindangresmi dan Angsana, masing-masing 1 desa.

Atas kejadian itu, pihaknya sudah mendistribusikan air secara bergantian kepada warga yang mengalami kekeringan di beberapa kecamatan tersebut. Pengiriman dilakukan dengan menggunakan mobil tangki sebanyak 2 unit dengan kapasitas masing-masing sebesar 6.000 liter.

Hanya saja dia mengaku kesulitan jika permintaan bantuan air bersih tidak sesuai dengan kuota yang disediakan. Pasalnya, mobil tangki harus mengisi ulang air ke sumber yang jauh dari jangkauan.

“Mengingat BPBD mengambil air di Kecamatan Karangtanjung. Sedangkan daerah yang dilanda kekeringan, letaknya berjauhan sehingga memakan jarak tempuh,” pungkasnya. (Red-02).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.